7 Wisata Pantai di Jogja Paling Banyak di Kunjungi Wisatawan

Objek Wisata Pantai di Jogja - Salah satu daya tarik wisata di wilayah Yogyakarta adalah keindahan pantai-pantainya yang sudah cukup populer dan sering di kunjungi wisatawan. Bahkan bukan saja masyarakat Jogja yang datang ke sana tetapi juga penduduk dari kota lain bahkan turis mancanegara. Pantai di Jogja sangat beragam sebagian dari obyek ini dikenal dengan keganasan ombaknya dan sebagian lagi dikenal dengan “aroma mistis” pada legenda yang menyertainya.


Apapun ceritanya, keindahan pantai di Jogja cukup membuat para traveker penasaran dan ingin mengunjungi.

Beberapa pantai yang berada di kawasan tepi laut Selatan yang langsung berbatasan dengan samudera Hindia, yang merupakan tempat wisata yang populer di Jogja adalah sebagai berikut:

7 Wisata Pantai di Jogja Paling Banyak di Kunjungi Wisatawan


Wisata Pantai Jogan. 

Obyek wisata ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak 70 km dari pusat kota, yang dapat ditempuh dengan waktu 2 jam atau sekitar 200 m ke arah barat pantai Siung. Kondisi jalan aspal dan mendekati lokasi jalan berubah menjadi cor blok sepanjang 1 km dapat dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4. Jogan menjadi sangat istimewa karena keberadaan air terjun langka yang langsung jatuh dari atas tebing ke tepi laut. Kejadian seperti ini hanya terjadi di beberapa tempat saja di dunia.
Pantai Jogan



Wisata Pantai Parangtritis. 

Jarak Parangtritis ini hanya 30 km dari pusat kota. Untuk mencapai pantai Parangtritis Jogja yang misterius, anda dapat menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum, yaitu bus kota. Untuk yang memilih angkutan umum, anda dapat naik dari terminal Umbulharjo. Ada dua pilihan rute: melalui Imogiri-Siluk atau Kretek. Jika anda ingin memanjakan mata selama perjalanan pilihlah rute Imogiri-Siluk. Melalui rute Imoini, anda akan melewati pemakaman keluarga kerajaan dan disuguhi pemandangan bukit kapur yang indah dan unik. Tapi jika anda ingin cepat sampai ke Parangtritis, pilihlah rute Kretek. Pantai indah ini sangat populer, apalagi selalu dihubungkan dengan ratu pantai selatan, yaitu sebagai pusat kerajaannya.
Wsiata Pantai Parangtritis


Wisata Pantai Baron. 

Tempat wisata ini sebenarnya merupakan teluk yang diapit oleh bukit pasir disisi kanan dan kirinya. Pasir di tempat ini berwarna putih, dan di pasir tersebut terlihat berjejer perahu-perahu nelayan yang sering dipakai oleh nelayan untuk melaut mencari ikan. Wilayah Baron ini bisa dikatakan merupakan dermaga bagi para nelayan untuk mencari nafkah sehingga di tempat ini terdapat Tempat Pelelangan Ikan sebagai sarana untuk menjual hasil tangkapan ikan. Pantai Baron terletak di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Jaraknya 65 km dari arah Yogyakarta atau 20 km ke arah selatan Wonosari.
wisata Pantai Baron


Wisata Pantai Indrayanti atau bernama asli Pulang Sawal

Lokasinya cukup dekat dengan obyek wisata goa pindul. Belakangan ini, pantai Pulang sawal menjadi sangat terkenal menjadi buruan para pengunjung yang sedang berlibur di Jogja. Keindahan pasir putih dan kebersihannya layak disejajarkan dengan pantai Senggigi maupun pantai-pantai di wilayah Bali. Tempat ini tidak hanya berhiaskan pasir putih, bukit karang, dan air biru jernih, tetapi juga dilengkapi restoran dan cafe serta deretan penginapan yang akan memanjakan wisatawan.
Pantai Indrayanti

Beragam menu mulai dari hidangan laut hingga nasi goreng bisa di pesan di restoran yang menghadap ke laut selatan ini. Pada malam hari, gazebo-gazebo yang ada di tepiannya terlihat menarik karena diterangi gemerlap sinar lampu.

Wisata Pantai Pulau Timang

Semenjak salah satu stasiun televisi menayangkan petualangan seru yang menegangkan di pantai Timang Jogja, tempat ini menjadi obyek wisata yang sangat populer. Ada pulau karang di tengah laut yang merupakan “kerajaan lobster”. Para nelayan yang ingin mengambil lobster tersebut melalui rintangan yang berat yaitu dengan duduk di atas kursi yang dikaitkan pada seutas tali yang membentang dari tebing pantai ke pulau Timang.

Pantai Pulau Timang
Yang mengerikan adalah besarnya angin yang melintas dan mengakibatkan kursi tersebut meliuk-liuk. Jika jatuh, maka diyakini tidak selamat karena ada gugusan karang tajam di bawahnya. Uji nyali keberanian meniti tali inilah yang sering dilakukan oleh wisatawan yang dipandu oleh nelayan setempat. Lokasi tempat menyeramkan ini berada di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta.

Wisata Pantai Kukup

Di kawasan ini, anda dapat membeli ikan hias yang dijual oleh pedagang di pinggiran pantai. Lokasinya terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Yogyakarta. Tempat wisata ini memang menjanjikan sebuah pemandangan pantai yang eksotis. Rute perjalanan yang berkelok dan naik turun yang dikanan-kiri tersaji pemandangan hijaunya pepohonan tropis. Jika anda memiliki hobi memancing, tempat ini adalah spot yang terbaik di Jogja.
Pantai Kukup

Wisata Pantai Sundak

Obyek wisata alam yang berada di daerah Wonosari. Lokasinya sekitar 3 Km dari Pantai Kukup. Meskipun Pantai Sundak tidak terlalu besar, namun menyajikan keindahan alam yang masih natural dan menyenangkan. Sundak memiliki pasir putih dan batu karang berlumut yang indah. Anda dapat menghabiskan waktu untuk menikmati keindahannya di gubug kecil yang sudah disediakan oleh warga sekitar.

 Pantai Sundak
Gubug tersebut memang disewakan untuk pengunjung, namun tidak ada biaya yang dipatok, jadi anda disarankan memberikan sumbangan sesuai kerelaan hati.

Demikianlah informasi tentang pantai indah Jogja yang dapat menjadi bagian agenda liburan anda di kota Jogja. Sangat disarankan jika anda mengajak kerabat yang sangat paham wilayah selatan tersebut karena lokasinya yang berjauhan pada beberapa pantai.
Previous Post Next Post

نموذج الاتصال