Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung Kondisi Legenda dan Transfortasi

Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung - Salah satu tempat menarik dan wajib anda kunjungi di Bandung adalah kawah putih di Ciwidey. Obyek wisata yang hampir setiap hari turun hujan ini menjadi sangat ramai bahkan jalanannya sering macet saat akhir pekan maupun hari libur. Tempat ini juga populer sebagai lokasi foto pre wedding pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan. Seperti apa keindahan Kawah Putih yang terletak di kawasan Ciwidey di Bandung ini? Silakan anda baca ulasan dan perhatikan foto-foto menarik berikut ini.
Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kondisi Kawah Putih Bandung

Kawah Putih menjadi salah satu tempat wisata terkenal di bandung dalam lima tahun terakhir. Tempat ini populer setelah beberapa stasiun televisi membuat sinetron, film maupun video klip musisi ternama yang mengambil gambar di sini. Walaupun jaraknya dari kota Bandung hanya 45 kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan dari Trans Studio Bandung, tetapi kami sarankan agar anda menginap di tempat ini. Selain pemandangan wilayah Ciwidey yang indah, hawa sejuk, obyek wisata Kawah Putih selalu hujan di siang atau sore hari. Jadi disarankan anda menginap di kawasan ini. Akses menuju tempat ini terbilang sangat mudah untuk ditempuh dengan menggunakan berbagai media transportasi, bisa Anda ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat. Transportasi menuju wisata kawah putih dengan menggunakan kendaraan umum seperti Bus dapat Anda jadikan pilihan. Banyak Bus antar kota ataupun bus antar Provinsi yang rute perjalanannya menuju kota Bandung. Dari manapun Anda berasal, rute perjalanan yang pertama kali harus Anda tempuh adalah menuju terminal Leuwi Panjang. Kemudian setelah Anda sampai di terminal leuwi panjang bisa dilanjutkan untuk menuju lokasi Kawah Putih dengan menggunakan kendaraan umum.

Legenda & Perkembangan Kawah Putih

Menurut cerita rakyat yang berkembang hingga saat ini, Kawah Putih Ciwidey adalah tempat berkumpulnya roh para leluhur. Di Kawah putih, terdapat makam para leluhur, di antaranya Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom, dan Eyang Jambrong. Salah satu puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru. Seiring dengan berjalannya waktu, kesan angker tersebut perlahan sirna. Terutama setelah tahun 1837, seorang ahli botani asal Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, melakukan penelitian di kawasan Ciwidey dan akhirnya tiba di puncak Gunung Patuha serta menjumpai keberadaan danau putih yang sangat indah. Dari danau tersebut, tercium aroma belerang yang sangat menyengat. Sejak saat itulah objek wisata Ciwidey ini terekspos ke publik luas. Oleh pemerintah lokal, kawasan wisata Kawah Putih di Ciwidey mulai dikembangkan sejak tahun 1987 sebagai sebuah destinasi wisata alam yang menawan. Secara bertahap, fasiltas penunjang dihadirkan guna mendukung kenyamanan wisata di sana, baik itu akses transportasi dari pintu gerbang sampai ke kawah, area parkir yang luas, pusat informasi, restoran, warung makan, mushola, hingga toilet umum.

Moda Transportasi

Kawah Putih Ciwidey terbuka untuk umum setiap hari, mulai pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore. Anda dapat mengunjungi obyek wisata ini kapanpun Anda suka, tanpa ada perbedaan harga tiket masuk pada hari apapun sebesar Rp 15 ribu per orang. Tetapi jika Anda membawa kendaraan, maka akan dikenakan biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda gunakan termasuk pula lokasi parkir. Ada 2 lokasi parkir di kawasan wisata Kawah Putih ini, yakni parkir atas dan parkir bawah. Parkir atas tersedia bagi siapun yang ingin membawa kendaraan sampai di kawah, namun parkir atas ini tidak mendukung untuk kendaraan jenis bus. Sementara pada parkir bawah, kendaran hanya sampai di pintu gerbang dan perjalanan ke Kawah Putih dilanjutkan dengan sarana transportasi yang tersedia di sana, yakni ontang-anting. Ongkos naik ontang-anting terbilang murah, cukup membayar Rp 13 ribu saja.

Anda tertarik mengunjungi tempat ini? Pastikan cuaca yang bersahabat untuk menemani perjalanan menyenangkan yang anda lakukan.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال